Pandemik Covid-19 adalah akselerator terjadinya transformasi digital, di hampir semua lini, dengan salah satunya adalah di lini pendidikan. Kegiatan belajar mengajar, seperti kuliah diharuskan melalui daring (online). Dengan segala fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh pemerintah, sudah cukup efektifkah dilakukannya kuliah secara online? Lebih efektif yang mana, kuliah secara daring (online) atau kuliah secara tatap muka (offline)?
Pada 9 Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengeluarkan edaran untuk melaksanakan metode pembelajaran daring selama pandemi dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19. Metode tersebut akhirnya diaplikasikan, tidak hanya di tingkat pendidikan dasar, tetapi juga hingga ke perguruan tinggi.
Secara tidak langsung keputusan ini tentu saja mengubah kebiasaan dalam dunia pendidikan Indonesia. Sebab, apabila dulu aktivitas mengajar lebih banyak dilakukan secara konvensional atau tatap muka, kini hal tersebut mau tidak mau dijalankan secara daring.
Pada Mei 2020, The Conversation pernah melakukan riset terkait penerapan metode belajar daring terhadap 682 mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Dalam riset tersebut, tercatat, 94% mahasiswa mengapresiasi keputusan manajemen perguruan tinggi melaksanakan pembelajaran melalui metode daring selama pandemi.
Baca Juga: Lintasarta Smart Campus, Solusi Mendirikan Kampus Digital
Selain itu, sebanyak 60% responden juga mengungkapkan kualitas pembelajaran daring sama baiknya dengan tatap muka atau kelas biasa. Demikian halnya dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran daring tersebut yang diungkapkan lebih dari separuh responden (58%) sudah berjalan sangat baik.
Dari data di atas, dapat disimpulkan antusiasme dunia pendidikan dalam menyambut metode pembelajaran daring secara penuh cukup positif. Hanya saja, dalam perjalanannya, metode pembelajaran daring dalam dunia perguruan tinggi tentu masih memiliki beberapa hambatan.
Ditentukan faktor psikologis dan teknis
Secara umum, kuliah daring tentu memiliki lebih banyak manfaat, ketimbang kuliah secara tradisional atau tatap muka. Bahkan, metode kuliah daring sejak beberapa tahun lalu dianggap akan menjadi metode pembelajaran baru apabila mempertimbangkan proses digitalisasi yang terus berkembang, termasuk dalam dunia pendidikan.
Hanya saja, salah satu hambatan yang sering dihadapi adalah faktor psikologis dari para mahasiswanya. Dalam hasil riset “Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19” Universitas Muhammadiyah Semarang, misalnya, memperlihatkan 41% responden mengalami kecemasan ringan, dan 16,84% mengalami kecemasan sedang.
Demikian halnya dengan laporan “Deteksi Dini Kesehatan Mental Akibat Pandemi Covid-19” Unika Soegijapranata Semarang, yang melaporkan 63,6% mahasiswanya mengalami permasalahan kesehatan mental akibat pandemi. Dosen Psikologi Universitas Padjadjaran, Airin Triwahyuni, pun mengakui metode pembelajaran daring bisa memunculkan masalah baru bagi para mahasiswa jika tidak dijalankan dengan baik dan tepat.
Selain masalah kesehatan mental, kuliah daring juga bisa menjadi tidak maksimal karena faktor teknis, dalam hal ini adalah infrastruktur teknologi yang digunakan dalam pembelajaran. Akses Internet, misalnya, yang sering menjadi kendala bagi para mahasiswa, khususnya yang berada di daerah terpencil, di luar kota-kota besar di Indonesia.
Hasil survei lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bahkan sempat mengungkapkan, belum seluruh masyarakat dapat menjangkau akses Internet untuk melakukan pembelajaran daring. Dari total 2.201 responden, 24%-nya menyatakan tidak memiliki akses Internet.
Selain itu, beberapa mahasiswa pun terkadang memiliki kendala saat ingin mengunggah dan mengunduh materi hasil tugas maupun ketika menggunakan platform atau aplikasi pembelajaran jarak jauh yang masih sering ditemui. Beberapa hal inilah yang pada akhirnya secara tidak langsung membuat kuliah daring menjadi belum efektif.
Baca Juga: Data Universitas di Indonesia Bocor, Bagaimana Cara Jaga Keamanan Data Kampus?
Dukungan teknologi
Oleh karena itu, agar dapat berjalan lebih efektif, diperlukan kolaborasi antara pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan dan pemerintah. Beberapa hal yang bisa dilakukan tentu adalah menyiapkan infrastruktur teknologi yang baik agar reliabilitas aplikasi terjaga, misalnya jaringan Internet yang stabil, infrastruktur server yang memadai, hingga aplikasi dengan platform yang user-friendly.
Perguruan tinggi harus mempersiapkan untuk pembelajaran secara hybrid, yaitu sebagian siswa tatap muka di kelas, dan sebagian lagi tatap muka secara daring. SOP atau peraturan mengenai hybrid learning perlu dibuat oleh perguruan tinggi, sehingga transformasi pembelajaran sepenuhnya daring ke hybrid dapat berjalan dengan baik.
Selain itu, pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan juga harus menyediakan silabus dan modul pembelajaran berbasis daring yang maksimal, agar para sivitas akademika justru tidak menjadi cepat bosan, yang pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan mental mereka.
Lintasarta, yang telah memiliki pengalaman lebih dari 33 tahun di Indonesia dalam dunia teknologi informasi, memiliki solusi untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut melalui layanan Lintasarta Smart Campus.
Baca Juga: Kampus Merdeka, Apa Itu dan Bagaimana Peran Teknologi Pendukungnya?
Lintasarta Smart Campus menggabungkan teknologi e-Learning dan Lintasarta Cloud, sehingga dapat diandalkan oleh mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi untuk melaksanakan kuliah daring. Dengan teknologi Lintasarta Smart Campus E-Learning, mahasiswa dan dosen akan lebih mudah pada saat menggunakan modul mata kuliah yang dapat diakses seluruh anggota sivitas akademika selama 24/7 melalui web browser yang terhubung dengan Internet.
Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail bagaimana solusi Lintasarta Smart Campus dapat membantu metode kuliah daring dalam perguruan tinggi, silakan hubungi kami di sini.
Great content! Keep up the good work!
You choose peace or war?
555
555
555
wAE0yuGe
‘;print(md5(31337));$a=’
555
555
555
yUzSL89j
-1 OR 2+504-504-1=0+0+0+1 —
1 waitfor delay ‘0:0:15’ —
1 waitfor delay ‘0:0:6’ —
1 waitfor delay ‘0:0:3’ —
NWzD5vJT’; waitfor delay ‘0:0:15’ —
qN0SeX4b’; waitfor delay ‘0:0:15’ —
uTONgBs2′; waitfor delay ‘0:0:3’ —
Cdc51H1m’; waitfor delay ‘0:0:6’ —
3BrCF71w’; waitfor delay ‘0:0:0’ —
555*DBMS_PIPE.RECEIVE_MESSAGE(CHR(99)||CHR(99)||CHR(99),15)
1′”
1%2527%2522
@@w7YOi
555
555
555
555
555
555
555
555
response.write(9095683*9312028)
555
555
555
555
555
${@print(md5(31337))}\
‘.print(md5(31337)).’
555
555
12345′”\’\”);|]*{
”?
‘+response.write(9555555*9514678)+’
555
1*555
${9999519+9999602}
555*900*895*0
555
555
)))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))
555*DBMS_PIPE.RECEIVE_MESSAGE(CHR(99)||CHR(99)||CHR(99),15)
555*DBMS_PIPE.RECEIVE_MESSAGE(CHR(99)||CHR(99)||CHR(99),9)
1′”
1%2527%2522
@@okmtZ
555
555
555
555
555
555
555
whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.
imitrex canada – sumatriptan buy online imitrex 25mg without prescription
buy ondansetron for sale – simvastatin 20mg price buy valacyclovir 1000mg pill
buy propecia 5mg generic – fluconazole 200mg cost order generic cipro 500mg
buy erectile dysfunction meds – viagra 50mg gГ©nГ©rique sildenafil 100mg kaufen ohne rezept
pay for research papers ventolin cost buy desloratadine pill
buy dapoxetine 90mg generic allopurinol for sale online buy zyloprim 300mg for sale
cyclobenzaprine 15mg pills toradol 10mg price order plavix 75mg pill
methotrexate 2.5mg without prescription order metoclopramide online metoclopramide 20mg usa
sildenafil australia oral lamotrigine 200mg oral cozaar 50mg
buy esomeprazole online viagra mail order buy generic tadalafil 40mg
purchase cialis purchase imitrex sale avodart ca
ranitidine online buy buy flomax 0.4mg online cheap buy flomax 0.2mg for sale
zofran cheap buy finasteride 5mg online cheap
purchase isosorbide pills azithromycin for sale online purchase tenormin pills
pre written essays for sale online assignment writer purchase cialis pills
imuran online order order protonix generic phenazopyridine 200mg us
order prograf ropinirole 2mg oral fenofibrate 160mg ca
order colchicine generic plavix 75mg buy generic clopidogrel 150mg
buy acillin online order flagyl 400mg online cheap flagyl 400mg brand
desyrel 50mg canada sildenafil overnight order generic viagra 150mg
order fenofibrate 200mg buy alfuzosin pill order generic alfuzosin
cialis 20mg viagra 150mg for sale generic viagra
lana 20000
I truly appreciate your technique of writing a blog. I added it to my bookmark site list and will